- Back to Home »
- Kuliah »
- Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Periklanan"
Posted by : Unknown
Jumat, 04 Maret 2016
Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis
"Periklanan"
a. Mencapai high quality customers, konsumen yang benar-benar terfokus dengan menempatkan iklan / promosi pada halaman internet yang spesifik, maka perusahaan anda akan mencapai konsumen secara lebih spesifik sehingga iklan dapat termonitor dengan program khusus sebagai media promosi misalnya pengenalan dan pemesanan produk dengan beriklan di internet.
Berikut adalah kesimpulan yang dapat saya ambil :
Nama : Muh. Sultan Salahuddin
Nim : 15.11.9171
Kelas : S1 Teknik Informatika 10
Kelompok : I
ABSTRAK
Advertising atau
periklanan adalah bentuk komunikasi ke konsumen dengan cara membayar space tertentu dan biasanya
mengandung makna persuasive
(ajakan). Pada dasarnya
iklan telah ada sejak jaman purba. Hal ini bisa dilihat dari lukisan-lukisan di
dinding-dinding kota kuno atau bentuk-bentuk barang yang mengandung unsur
ajakan terhadap suatu benda, anggur atau makanan misalnya.
ISI
Periklanan
merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh suatu lembaga atau
industry, baik industry besar maupun kecil, sebagai alat untuk mempromosikan
produk mereka di pasaran agar lebih dikenal masyarakat. Zaman
sekarang, teknologi telah menguasai hampir seluruh bidang kehidupan, salah satu
bidang tersebut yaitu bidang periklanan. Dalam dunia periklanan, perkembangan
dan pemanfaatan teknologi informasi telah membawa dampak yang sangat besar. Melihat sudah sangat banyak
iklan yang beredar dipasaran melalui media internet atau online, dapat disimpulkan
bahwa perkembangan teknologi mempunyai pengaruh yang sangat banyak bagi dunia advertising. Melalui hasil dari
perkembangan teknologi informasi, dunia eriklanan semakin di mudahkan untuk
memasarkan atau mempromosikan suatu produk kepada khalayak ramai tanpa perlu
repot-repot.
Utungnya Melakukan Periklanan di Internet
a. Mencapai high quality customers, konsumen yang benar-benar terfokus dengan menempatkan iklan / promosi pada halaman internet yang spesifik, maka perusahaan anda akan mencapai konsumen secara lebih spesifik sehingga iklan dapat termonitor dengan program khusus sebagai media promosi misalnya pengenalan dan pemesanan produk dengan beriklan di internet.
b. Mengurangi ongkos kertas dan pemasaran (paperless
environment) sebagai media pertukaran data yang dapat diakses kapan saja,
dimana saja, oleh siapa saja, sehingga dapat mencapai banyak pelangggan
potensial baik lokal maupun global. Iklan dapat diubah setiap saat dan hasilnya
dapat ditayangkan saat itu juga dan dengan teknologi multimedia yang makin berkembang
dapat dipakai untuk menciptakan iklan-iklan yang cantik dan menarik dengan
harapan jumah user yang mengakses iklan dapat dimonitor dengan program khusus,
sehingga datanya dapat menjadi bahan analisa untuk strategi periklanan dan
komunikasi
Salah
satu perkembangan periklanan yang melibatkan internet adalah viral
marketing. Bentuk periklanan ini mencakup tim penjualan yang melakukan pendekatan
dengan partisipan lewat perbincangan tentang produk mereka di chat rooms
dan on message boards. Strateginya adalah menstimulasi diskusi tentang
merek yang akan dipromosikan dan berharap pelanggan lama yang mengikuti diskusi
akan menyebarkannya melalui mulut ke mulut dan mempromosikan produk tersebut ke
pelanggan baru.
Cara
lain yaitu dengan menggunakan banner iklan di sebuah situs. Ketika
kita membuka sebuah situs maka akan muncul banner iklan dari
perusahaan yang hendak mepromosikan produknya, yang ketika di-klik maka kita
akan terbawa ke situs pengiklan tersebut. Akan tetapi, cara ini kurang efektif
karena tidak semua orang akan tertarik atau bahkan melihat dan kemudian untuk
meng-klik situs pengiklan tersebut. Untuk mengatasinya banner iklan
saat ini diletakkan di tengah-tengah halaman situs.
Dibalik
semua tantangan tersebut, internet tetap nomor satu bagi industri iklan. Saat
ini pengiklan dapat menjangkau pelanggan secara efisien dengan melalui sebuah
sistem jaringan iklan online. Hal ini dapat membantu pengiklan untuk
mengukur efektivitas dari kampanye lewat internet yang mereka lakukan. Mereka
meraihnya dengan mengidentifikasi pelanggan yang setia, melacak perilaku mereka
saat surfing di internet, dan berkomunikasi dengan mereka dengan cara
yang relevan dan berbiaya efektif.
Penting!!!
jadi disini sebeu memulai bisnis ini ada halyang harus diperhatika yaitu :
1. Kita harus memiliki skill atau setidaknya pengetahuan tentang periklanan
2. Kita harus memiliki ide-ide yang kreatif dan imajinatif
3. Harus membuat iklan yang menarik untuk dilihat seperti contohnya Battle Of Surabaya buatan mahasiswa Stmik Amikom Yogyakarta
4. Dan masih banyak lagi yang harus dipelajari agar iklan yang kita buat lebih menarik lagi
Kesimpulan
Berikut adalah kesimpulan yang dapat saya ambil :
1. Melalui hasil
dari perkembangan teknologi informasi, dunia eriklanan semakin di mudahkan
untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk kepada khalayak ramai tanpa
perlu repot-repot.
2. Iklan dapat diubah setiap
saat dan hasilnya dapat ditayangkan saat itu juga dan dengan teknologi
multimedia yang makin berkembang dapat dipakai untuk menciptakan iklan-iklan
yang cantik dan menarik dengan harapan jumah user yang mengakses iklan dapat
dimonitor dengan program khusus, sehingga datanya dapat menjadi bahan analisa
untuk strategi periklanan dan komunikasi
3. Periklanan melalui media internet juga belum
sepenuhnnya memberi kemudahan dan keuntungan yang maksimal, tetap saja
mempunyai kelemah tersendiri bagi segelintir konsumen yang belum terlalu
mengetahui penggunaan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini.
4. Perkembangan selama satu dekade terakhir yang paling
revolusioner adalah iklan lewat teknologi internet dan mobile (mobile
adverstising)
Saran
Guna mengoptimalkan pemanfaatan
teknologi informasi (media internet) dalam mengembangkan dunia periklanan yang
semakin maju, berikut sedikit saran yang berguna, diantaranya :
1. Guna mengukuhkan hubungan
dengan konsumen di internet, pemasar harus siap untuk interaktif, untuk
menjawab pertanyaan mereka atau untuk mendesain cara-cara baru yang inovatif
agar konsumen dapat meningkatkan pengetahuan mereka sendiri.
2. Setiap produk yang akan
diiklankan hendaknya disaring terlebih dahulu agar tidak mengandung unsur-unsur
ngatif yang membuat konsumen merasa terganggu.